Cerita Rakyat Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan berada di bagian selatan pulau Sulawesi. Provinsi Sulawesi Selatan berdiri pada tanggal 13 Desember 1960 berdasarkan UU No.47 Tahun 1960 dengan beribukota di kota Makassar dan memiliki semboyan Todo Poli yang memiliki arti Teguh Dalam Keyakinan. Sulawesi Selatan memiliki 21 kabupaten, 3 kotamadya, 304 kecamatan, 768 kelurahan, dan 2.187 desa.



Suku yang mendiami Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Suku Makassar, Suku Bugis, Suku Mandar, Suku Toraja, Suku Duri, Suku Pattinjo, Suku Bone, Suku Moroangin, Suku Endekan, Suku Pattae, dan Suku Kajang/Konjo. Sedangkan bahasa yang digunakan masyarakat Sulawesi Selatan adalah Bahasa Makassar, Bahasa, Bugis, Bahasa Tae'Luwu, Bahasa Toraja, Bahasa Mandar, Bahasa Duri, Bahasa Konjo (Konjo Pesisir dan Konjo Pegunungan), dan Bahasa Patae.

Banyak cerita rakyat dari Provinsi Sulawesi Selatan:

Konon menurut legenda, dahulu kala di Tanah Toraja, Sulawesi Selatan, ada seorang anak petani bernama La Dana. Ia merupakan anak pintar dan cerdik. Walaupun begitu, masyarakat sekitar kurang begitu menyukainya, karena La Dana seringkali menggunakan kecerdikannya untuk memperdaya orang lain.

Referensi:

  1. Agni, Danu. 2013. Cerita Anak Seribu Pulau.Yogyakarta: Buku Pintar.
  2. Komandoko, Gamal. 2013. Koleksi Terbaik 100 plus Dongeng Rakyat Nusantara, PT.Buku Seru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar