Cerita Rakyat Bali

Provinsi Bali berdiri pada tanggal 14 Agustus 1958 berdasarkan UU No.84 Tahun 1958 dengan beribukota di kota Denpasar dan memiliki semboyan Bali Dwipa Jaya yang memiliki arti Pulau Bali Jaya. Bali memiliki 8 kabupaten, 1 kotamadya, 57 kecamatan, 80 kelurahan, dan 634 desa.



Suku yang mendiami Provinsi Bali yaitu Suku Bali, Suku Jawa, Suku Madura, Suku Tengger, Suku Osing, dan Suku Sasak. Sedangkan bahasa yang digunakan masyarakat Bali adalah Bahasa Bali Alus, Bahasa Bali Madya, dan Bahasa Bali Kasar.

Banyak cerita rakyat dari Provinsi Bali diantaranya:

Konon, zaman dahulu kala di kerajaan Daha (sekarang pulau Bali) hiduplah seorang Brahmana bernama Sidi Mantra. Ia adalah seseorang yang terkenal sakti mandrauna. Sanghyang Widya atau Batara Guru menghadiahinya harta benda dan seorang istri cantik jelita. Setelah bertahun-tahun hidup berumah tangga, akhirnya mereka mendapat seorang anak yang mereka beri nama Manik Angkeran.

Berikut ini informasi lain mengenai Bali:

Bali merupakan daerah pegunungan dan perbukitan yang meliputi sebagian besar wilayah. Relief Pulau Bali merupakan rantai pegunungan yang memanjang dari barat ke timur. Di antara pegunungan itu terdapat gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Agung (3.142 m) dan Gunung Batur (1.717 m). Beberapa gunung yang tidak aktif lainnya mencapai ketinggian antara 1.000 - 2.000 m.

Hasil Alam

Hasil alam Bali diantaranya kopi, kacang hijau, kacang tanah, kedelai, jagung, ubi jalar, kelapa, dan padi.

Makanan dan Minuman

Makanan khas di Bali adalah Ayam Betutu, Bebek Betutu, Bebek Bengil, Sate Lilit, Srombotan, Rujak Kuah Pindang, Nasi Bubuh, Lawar, Juku Ares, dan Babi Guling.

Pakaian Adat

Pakaian adat Bali, para lelakinya memakai udeng (ikat kepala), kain kampuh, umpal (selendang pengikat), kain wastra (kemben), sabuk, keris, beragam ornamen perhiasan. Kaum perempuanya memakai Gelung (sanggul), sesenteng (kemben songket), kain wastra, sabuk prada (stagen), selendang songket, kain tapih, dan beragam ornamen perhiasan.

Pahlawan

Pahlawan dari Provinsi Bali adalah I Gusti Ngurah Rai, I Gusti Ketut Jelantik, Untung Surapati, dan Ida Anak Agung Gde Agung.

Rumah Adat

Rumah adat tradisional Bali adalah Gapura Candi Bentar, Balai Bengkong, Balai Wantikan, Kori Agung, dan Kori Bebatelan.

Alat Musik dan Lagu

Alat Musik yang sering dimainkan di Bali adalah Gamelan Jegog, Gamelan Gong Gede, Gamelan Gambang, Gamelan Selunding, dan Gamelan Semar Pegulingan.

Lagu yang terkenal diantaranya Lagu Janger, Lagu Meyong-meyong, Lagu Mecepet-cepetan, Lagu Ratu Anom, Lagu Ngusak Asik, dan Lagu Dewa Ayu.

Senjata Tradisional

Senjata Tradisional dari Bali yang terkenal diantaranya keris, tombak, tiuk, taji, kandik, caluk, arit, udud, gelewang, trisula, panah, penampad, garot, tulud, kis-kis, Anggapan, Berang, Blakas, Peringis, Pengutik.


Tarian Daerah

Tari Daerah Bali diantaranya Tari Berutuk, Tari Sang Hyang Dedari, Rejang, Tari Baris Gede, Tari Gambuh, Tari Topeng Pajegan, Tari Wayang Wong, Tari Legong, Tari Parwa, Tari Arja, Tari Prembon, Tari Pendet, Tari Kecak, Tari Calon Arang, Tari Janger, dan Tari Joged.

Referensi: Seasite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar