Cerita Rakyat Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan terletak di bagian selatan pulau Sumatra, berbatasan dengan Provinsi Bengkulu, Provinsi Jambi, Provinsi Bangka Belitung, dan Provinsi Lampung. Provinsi Sumatera Selatan berdiri pada tanggal 14 Agustus 1950 berdasarkan UU No.3/1950 dengan beribukota di kota Palembang dan memiliki semboyan Bersatu Teguh. Sumatera Selatan memiliki 11 kabupaten, 4 kotamadya, 223 kecamatan, 371 kelurahan, dan 2.755 desa.



Suku yang mendiami Provinsi Sumatera Selatan yaitu Suku Melayu Palembang, Melayu Komering, Melayu Pasemah, Melayu Semendo, Melayu Empat Lawang, Melayu Musi, Melayu Banyuasin, Melayu Lematang, Melayu Rejang, Jawa, Sunda, Tionghoa, dan Minangkabau. Sedangkan bahasa yang digunakan masyarakat Sumatera Selatan adalah Bahasa Melayu dan juga ada sebagian kecil menggunakan Bahasa Bangka.

Banyak cerita rakyat di Provinsi Sumatera Selatan diantaranya:

Pulau Kemaro konon berhubungan dengan kisah cinta seorang putri raja Sriwijaya, Siti Fatimah dengan saudagar dari Cina, Tam Bun An. Konon, pada zaman kerajaan Sriwijaya, memerintah seorang raja bijaksana yang memiliki putri cantik bernama Siti Fatimah.

Referensi:


  1. Agni, Danu. 2013. Cerita Anak Seribu Pulau.Yogyakarta: Buku Pintar.
  2. Komandoko, Gamal. 2013. Koleksi Terbaik 100 plus Dongeng Rakyat Nusantara, PT.Buku Seru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar