Cerita Rakyat Kalimantan Timur

Provinsi Kalimantan Timur terletak di bagian timur pulau Kalimantan. Provinsi Kalimantan Timur berdiri pada tanggal 7 Desember 1956 berdasarkan UU No.25 Tahun 1956 dengan beribukota di kota Samarinda dan memiliki semboyan Ruhui Rahayu yang memiliki arti Keseimbangan sempurna di segala hal berkat ridho Tuhan. Kalimantan Timur memiliki 10 kabupaten, 4 kotamadya, 140 kecamatan, 215 kelurahan, dan 1.245 desa.




Suku yang mendiami Provinsi Kalimantan Timur yaitu Suku Dayak, Suku Kutai, Suku Melayu, Suku Madura, Suku Tionghoa, Suku Bugis, Suku Banjar, dan Suku Jawa. Sedangkan bahasa yang digunakan masyarakat Kalimantan Timur adalah Bahasa Banjar, Bahasa Bugis, Bahasa Tidung, Bahasa Berau, Bahasa Lundayeh, dan Bahasa Kutai.

Banyak cerita rakyat dri Provinsi Kalimantan Timur diantaranya:

Konon pada zaman dahulu ada sebuah kerajaan yang memiliki seorang putri bernama Putri Aji Bedarah Putih. Ia diberi nama demikian karena jika Sang Putri mengunyah daun sirih dan memakan sepahnya maka akan tampak jelas air sirih mengalir melalui kerongkongannya. Disamping itu, Putri Aji Bedarah Putih terkenal memiliki paras sangat cantik.
Referensi:
  1. Agni, Danu. 2013. Cerita Anak Seribu Pulau.Yogyakarta: Buku Pintar.
  2. Komandoko, Gamal. 2013. Koleksi Terbaik 100 plus Dongeng Rakyat Nusantara, PT.Buku Seru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar