Asal Mula Singapura, Dongeng Anak Singapura


Berikut kisah mengenai asal mula Singapura. Dahulu ada seorang raja bernama Nila Utama. Raja Nila Utama memiliki kegemaran berburu binatang. Ia juga sangat menyukai daerah dengan pemandangan alam indah. Raja Nila Utama mendengar keindahan alam di pulau Tanjung Bentam. Raja kemudian memutuskan untuk berburu di pulau Tanjung Bentam.



Panglima kerajaan bercerita kepada raja, bahwa ada seekor rusa sangat besar di pulau Tanjung Bentam. “Sampai saat ini belum ada yang berhasil menangkap rusa besar itu, Raja.” kata panglima kerajaan.

“Baiklah, besok kita berangkat berburu rusa di pulau Tanjung Bentam. Siapkan perbekalan dan para pengawal.” kata Raja.

Keesokan harinya, Raja Nila Utama pergi ke pulau Tanjung Bentam menaiki kapal besar. Setibanya di pulau, Raja segera pergi menuju hutan untuk berburu. Saat di hutan, rombongan raja melihat seekor rusa sangat besar berlari. Raja Nila Utama beserta rombongan segera mengejar rusa tersebut. Namun sayang, rusa belari sangat cepat, kemudian menghilang ke dalam hutan.

Raja kemudian memutuskan untuk beristirahat sejenak di atas bukit. Dari atas bukit tersebut, Raja Nila Utama melihat ada sebuah pulau sangat indah di seberang pulau Tanjung Bentam. Raja kemudian memutuskan untuk berlayar ke pulau tersebut.

Setibanya di pulau indah, Raja berjalan-jalan mengitari pulau. Hingga mata Raja tertuju pada seekor hewan gagah. Raja Nila Utama belum pernah dilihatnya.

“Binatang apakah itu?” tanya raja pada para pengawalnya.

“Itu adalah singa, Yang Mulia. Ia memang terlihat cantik, namun ia adalah binatang buas. Raja harus berhati-hati jangan sampai mendekatinya.” jawab Panglima kerajaan.

Raja Nila Utama merasa senang dengan keindahan pulau tersebut. Ia memutuskan untuk tinggal di pulau tersebut. “Aku ingin tinggal di pulau indah ini. Kalian bangunlah sebuah kota di pulau ini untuk kita tinggali. Karena ada binatang singa, Aku akan menamakan kota ini dengan nama Singa Pura.” kata raja. Demikianlah dongeng anak dari negara Singapura mengenai asal mula Singapura. Pura berarti kota. Jadi Singapura memiliki arti kota singa.

Referensi:
  1. Damayanti, Astri, 2014, Dongeng Klasik 5 Benua, Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar